Sabtu, 23 Oktober 2010

Sentra Pembuatan gerabah di Webriamata (Karasa'en Pottery)



         Desa Webriamata merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Malaka Barat merupakan pusat kerajinan tanah liat, Gearabah, di Kabupaten Belu.
         Pada awalnya pembuatan gerabah ini masih terbatas pada peralatan dapur yang dipergunakan untuk kebutuhan sendiri, dan selebihnya ditukar dengan bahan kebutuhan pokok sehari-hari.
Kegiatan yang merupakan warisan nenek moyang ini mulai berkemabng dan menjadi usaha komersial setelah adanya pembinaan magang dan latihan dari Departemen Perindutrian dan Perdagangan Kabupaten Belu (1991) da
n Pemerintah New Zealand (1994)
         Produk yang dihasilkan bervariasi dengan disain dan dekorasi motif khas Belu yang sangat menarik. Adapun produk yang di hasilkan adalah :
Vas Bunga (berbagai ukuran), Asbak rokok,  Kendi Terbuka dan maling), Cerek, Piring (segala ukuran) Guci (segala ukuran, Pot bunga (susun, gantung, luar), Poci, Tempat nasi, Dulang, Tempat lilin, Tempat dupa, Jambangan,  Gentong raksasa, Toples, Tempat sabun, Hiasan dinding (ikan komodo dll), Piring buah (segala ukuran) dan Tempat patung.
         Produk di atas dapat dimanfaatkan sebagai hiasan rumah, dekorasi maupun sebagai peralatan dapur. Kelompok ini telah mendapat sertifikat dari Institut of Environmental Science Centre, Nomor : BT 0619 RE 2/5 - Willington Science New Zealand

Tidak ada komentar:

Posting Komentar